PENTINGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

Oleh : Hidayatul Rizky
Thu, 15 Sep 2022, 09:54 WIB
pentingnya-partisipasi-masyarakat-dalam-pembangunan-daerah

Brebes – Yayasan Eska Unggul Indonesia bersama Komunitas Brebes Bersama (KOBBER) menghadiri audiensi dalam rangka penyerahan Policy Brief tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Daerah. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) Warsudi, Hj. Khariroh, M.Pd Komisi II DPRD Kabupaten Brebes, dan Baperlitbangda Kabupaten Brebes.

Collaborative Governance yang meningkatkan keterlibatan sektor publik dengan privat serta masyarakat, kerjasama internasional yang menguat, perkembangan ekonomi yang maju, dan pemerintahan yang efektif dan efisien akan mengantarkan Indonesia menuju pembangunan yang berkelanjutan (SDGs 2030). 

Perlu perubahan paradigma tata kelola pemerintahan yang semula berorientasi pada bekerja sendiri menjadi bekerjasama secara gotong royong untuk mencapai tujuan bersama atau yang biasa disebut dengan collaborative governance. Paradigma collaborative governance, pemerintah yang dalam hal ini instansi pusat dan daerah tidak dapat bekerja menyelesaikan masalah-masalah publik sendirian. Karena Pemerintah mempunyai keterbatasan

Hasil audiensi ini akan dibahas kembali di internal DPRD. Bapemperda akan mengawal proses ini. Anggota komisi yang hadir juga mendukung usulan dari Eska Unggul dan KOBBER untuk terbitnya Perda Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Daerah.

Berita lainnya Eska Unggul Indonesia